Senin, 23 Maret 2015

sepuluh ribu senyum untuk mereka



 “ Dan carilah apa yang telah dianugerahkan kepadamu (kebahagiaan) di negeri akhirat,
dan janganlah kamu melupakan kebahagiaanmu dari (kenikmatan) duniawi, dan berbaiklah kepada orang lain sebagaimana Allah berbuat baik kepadamu, 
dan janganlah kamu berbuat kerusakan di bumi,
sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang  yang berbuat kerusakan di bumi “
( Al Qasas : 77)


Alhamdulilah telah terselenggara kegiatan bakti sosial “sepuluh ribu senyum untuk mereka” pada 22 maret 2015 di pesantren Daarut Tauhiid, Jl. Sukamulya V No.1 Kp.Dukuh Serua Indah ,Ciputat - Kota Tangerang Selatan. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Santri Tafaqquh Fiddiin bersama Pesantren Daarut tauhiid.
Tujuan dari kegiatan ini seperti dengan tema sepuluh ribu rupiah yang diberi bisa memberikan seyuman kebahagiaan untuk mereka, selain itu juga Membantu meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan. Mengajarkan kebiasaan Santri Daarut Tauhid kepada masyarakat sekitar pesantren untuk Menumbuhkan rasa empati dan kepedulian terhadap sesama umatNya. Kegiatan bakti sosial ini terdiri dari 3 acara yaitu, silaturahim antar keluarga besar daarut tauhiid Jakarta bersama warga sekitar kampung dukuh, memberikan 58 paket alat tulis santunan kepada adik yatim, memberikan 37 paket sembako kepada dhuafa dan memberikan paket edukasi dan sarana untuk lingkungan hidup bank sampah yang program ini mendatangkan dari pihak bank sampah taawun.

Bank sampah Terpadu
Bank sampah ini merupakan program kolaborasi antara pesantren&stf – masyarakat kp.dukuh RW8 dan BST. Bank sampah ini diwujudkan untuk menerima layanan pemilahan dan pengolahan sampah dari masyarakat sekitar dan santri adzkia Islamic school. Sehingga selain kebersihan lingkungan terjaga, para partisipan bank sampah juga mendapat penghasilan tambahan dari sampah-sampah tersebut.  Kegiatan edukasi akan dilaksanakan setiap 2 pekan sekali berikut dengan “tugas-tugas” yang perlu dikerjakan oleh daftar peserta sehingga dalam pelaksanaanya nanti di akhir april akan meminimalkan kesalahan dalam pemilahan, pengumpulan dan pengolahan sampah.
Urban Farming
 Kegiatan Urban farming akan dilaksanakan di akhir edukasi bank sampah, kegiatan ini akan mempelajari cara pengenalan urban farming dan juga penanaman dengan berbagai metode dan juga cara pembuatan dan pemanfaatan barang-barang bekas sebagai wadah siste menanam sayuran secara sederhana.

Alhamdulillah, tuntas kerja amal bersama rekan-rekan dari angkatan 13, jujur ini yang buat degdean tiap hari, dari 2 bulan jelang hari H dana masih terkumpul 20%. HIngga bicang dengan kang Ojan dan tim, perlu adanya beberapa penyesuaian konsep acara hingga konsep dana yang dibutuhkan turun 50% bahkan hingga 60% . Dengan berbagai dinamika yang ada syukur yang amat dalam, seperti apa yang saya sampaikan sebelum pembentukan panitia, bahwa acara ini bukan di tanggal 22 maret saja, acara ini terbentuk dari hari ini, saat mulai pembentukan acara. Benar saja, dinamika yang ada menjadi proses pendewasaan, pematangan karakter, saling memahami, saling menasehati, ada peran-peran yang dimainkan ketika yang satu sedang “naik” yang satu bantu me-istighfar-i. yang dengan ini betul-betul terasa suasana kekeluargaan. Proses tingkatan ukhuwah terbentuk, saling mengenal, saling memahami, saling menolong hingga itsar!. dari semenjak bulan oktober berjumpa, hingga pelaksanaan hari H sudah muncul rasa ke-itsar-an , salah satu tujuan acara ini tercapai. Boosting ukhuwah sampai level tertinggi. Walau memang rasa cinta persaudaraan ini perlu dijaga.

“dan sesungguhnya Kami telah menurunkan kepada kamu ayat-ayat yang member penerangan, dan contoh-contoh dari orang-orang yang terdahulu sebelum kamu dan pelajran bagi orang-orang yang bertakwa”(QS 24:34)

Ya hakikat perjuangan ini kita bersama saling ingatkan untuk sampai capaian takwa.

“Teman-teman akrab pada hari itu sebagianya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa. Hai hamba-hambaku tiada kekhawatiran terhadapmu pada hari ini dan tidak pula kamu bersedih hati”(QS 43:68)

Salah satu kebahagiaan saya yang lain, setiap penutup meeting online selalu diakhiri dengan sapaan “sahabat-sahabat cahayaku” tertegun menyimak kicauan tersebut. Ya, salah satunya memang kita akan berbincang di perjalanan akhirat nanti, semoga  Allah rahmati kita dengan masing-masing cahaya, tidak saling memperebutkan sperti di ayat berikkut, nauzubillah.


“Siapakah yang mau meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, maka Allah akan melipat gandakan balasan pinjaman itu untuknya dan dia akan memperoleh pahala yang banyak. Yaitu pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan disebelah kanan mereka: “Pda hari ini ada berita gembira untukmu, surge yang mengalir di bawahnya sungai-sungai yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang besar.” PAda hari ketika orang-orang munafik laki-laki dan perempuan berkata kepada orang-orang yang beriman:”Tunggulah kami supaya kami dapat mengambil sebahagian dari cahayamu”. DIkatakan kepada mereka:” Kembalilah kamu kebelakang dan carilah sendiri cahaya (untukmu)”. Lalu diadakan diantara mereka dinding yang mempunyai pintu. DI sebelah dalamnya ada rahmat dan dsebelah luarnya diari situ mereka disiksa. Orang-orang munafik itu memanggil mereka, lalu berkata: “bukankah kami dahulu bersama-sama dengan kamu?” Mereka menjawab: “benar, tetapi kamu mencelakakan dirimu sendiri dan menunggu kehancuran kami dan kamu ragu-ragu serta ditipu oleh angan-angan kosong sehingga datanglah ketetapan Allah, dan kamu telah ditipu terhadap Allah ole syetan yang penipu” (QS 57:11-14)

“Ya rabb Kami, sempurnakanlah bagi kami cahaya kami dan ampunilah kami, Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu”(QS 66:8)
Berbagai kegiatan kolaborasi ini dengan memberikan dmanfaat bagi warga berharap terhitung sebagai amal shalih. Semoga!


 Ps: Salah satu bincang kemarin yang buat tersenyum bahagia, ketika bincang dengan salah satu ibu-ibu-Tak tega sebut nenek 80tahun- dengan godaan canda seprti diajarkan nabi:
“bu maaf nanti disyurga tidak ada lagi nenek”
Ibu-ibu pun terdiam
“ iya bu, karena nanti di syurga akan kembali muda”
Ibu-ibu itupun tersenyum sambil nutup tangan ke mulut nutupi giginya yang sudah “layu” :)

Peserta edukasi BST
sebagian adik dan sebagian panitia
 
sahabat syurga saya :)

dengan ibu-ibu yang tadi dibecandain:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar